Selamat datang di Gerbang baja

Konten pada blog ini adalah berisi pemikiran dan pandangan yang membangun. Tanpa ada pemikiran orang tak akan maju atau terbelakang dengan hanya "meng-ekor" milik orang lain.



Selasa, 25 Januari 2011

Cara Hemat Penerangan Buatan (Lampu Listrik)



Bagaimana cara menghemat Energi terutama penerangan buatan (lampu listrik)






1. Untuk Lampu listrik disarankan memakai lampu bukan lampu pijar.



2. Pakailah Lampu Hemat Energi ( lampu Flouresent ) dengan balas elektrik.



3. Bila sudah terlanjur memakai lampu flouresent (TL) dengan balas trafo , setidaknya ditambah dengan capasitor yang sesuai kapasitasnya.



4. Pada malam hari sebaiknya lampu tidak dinyalakan. Pada kebanyakan orang akan merasa tidak nyaman dengan lampu mati. Solusinya dengan memakai lampu tidur yang hemat, seperti dengan lampu LED.



5. Memakai lampu LED yang menyebar atau Lampu LED yang ada pemantul kaca.






Untuk pemakaian alat-alat mesin pompa, mesin pendingin, kulkast atau bahkan kompor listrik, kurang bisa atau tidak bisa dihemat. Sepanjang pemakaian wajar penggunaan energi akan sesuai dengan kegiatan sehari-hari, sedangkan penggunaan tidak wajar atau berlebihan sebaiknya dihindari.






Lampu LED



Banyak cara menghemat lampu listrik dengan lampu LED . Skema rangkaian lampu LED banyak sekali di dunia maya (internet). Cari mesin pencari di mbah google, akan dengan cepat terdeteksi.



Ada Lampu LED dengan 10-15 LED yang tiap 12V dipakai 3 atau 4 buah LED dengan pembatas arus resistor, kemudian diparalel 4-5 bundel.



Cara ini bisa langsung Listrik AC melalui capasitor AC yang di paralel Resistor , selanjutnya dipakai Diode Bridge 4 buah dan terakhir dipasang capasitor penstabil. Sudah jadi Lampu LED dengan 10 atau 15 buah lampu LED. Lampu LED bila dihitung cuma dibawah 1 Watt. Hemat kan? jangan tunggu lagi cobalah merangkai sendiri atau yang sudah jadi di toko-toko.










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar